Celoteh Si Mak'nun

Selasa, 22 Mei 2012

Personality (Dulu dan sekarang)...


Fenotife= G+L+Igl

Keterangan:
G=genetic
L= lingkungan 
Igl=interaksi antara genetic dengan lingkungan

          
Rumus genetika diatas nyatannya saya relevan dengan kehidupan real manusia. Jika dianalogikan kedalam kepribadian manusia, anggaplah fenotife adalah kepribadian atau  karakter seorang manusia maka ia akan dipengaruhi oleh 3 faktor seperti pada rumus genetika diatas. Kepribadian atau karakter secara genetika atau istilahnnya bawaan dari lahir memang ada (keturunan dari genetic ayah dan ibu), namun lingkungan memiliki peran yang sangat tinggi dalam pembentukan kepribadian atau karakter seseorang. Mungkin itulah awal sebab munculnnya pribahasa “berteman dengan penjual minyak wangi akan ikut berbau wangi, sedangkan jika berteman dengan penjual ikan akan ikut berbau amis”.

            Lingkungan keluarga, sekolah, pergaulan, tempat kerja secara tidak langsung dan mungkin tidak disadari lambat laun akan merubah kepribadian sesorang. Kebiasaan…mungkin hal yang tadinnya biasa jika dilakukan berulang kali akan jadi kebiasaan. Kumpulan kebiasaan dalam bertindak, bersikap dan berprilaku akan menunjukan kepribadian seseorang.

            “saya bukan orang seperti itu, ga bisa berada dilingkungan seperti ini”…. Kekhawatiran, hmm saya juga sering merasa seperti itu. Tapi kalau kembali ke rumus tadi, harusnnya kita tidak perlu khawatir tidak mampu untuk survive atau menCAP diri terlalu kuat. Mungkin secara fisik kita terbatas untuk berubah atau berkembang, tapi secara kepribadian segalannya mungkin. Kita masih bisa mengubah karakter jelek menjadi baik. Atau memiliki karakter yang kita inginkan (kayak karakter di avatar aja). Peran lingkungan dan interaksi genetic dan lingkungan adalah kunci untuk memilih dan menjadi karakter atau kepribadian apa yang kita inginkan.

            Dulu saya adalah orang yang sangat-sangat-sangat melankolis, bukan tipe sangunis dan sulit untuk disebut plegmatis tapi sedikit sekali korelis. Sering galau, seneng dengar lagu mellow, sedikit suka membaca dan menulis puisi, bacaannya novel dan paling hobi nonton sinetron FTV, (masa-masa jahiliyah) kalau mengambil keputusan banyaki ragunnya, mau nannya aja mikirnnya setahun. Sisi baiknnya adalah mungkin lebih perasa dan lebih peka (jika dibandingkan dengan sekarang).

            Sekarang sepertinnya lebih condong ke korelis, sedikit melankolis dan terpaksa harus sedikit sangunis, juga sangat-sangat-sangat tidak plegmatis (please,,, berikan saya sedikit sifat sang plegma yang damai God, Amiiin). Sisi baiknnya sekrang adalah lumayan jarang galau karena mungkin ga sempet denger dan nonton yang mellow-melow apalagi baca-nulis puisi. Sisi jeleknnya adalah kurang perasa dan peka, kemampuan bersosial menurun. Hadeeeeeeeeeeeeeh……. 

            Perubahan adalah wajar sebagai mahluk hidup, justru kalau ga berubah dan berkembang patut dipertannyakan bukan. Seperti apapun sekarang, syukuri….toh ada sisi baik dan jeleknnya (dan 2 sisi ini pasti akan ada dalam hal apapun, asal proporsinnya ga timpang aja..hehe). masih ada kesempatan untuk menjadi lebih baik dan menghapus sisi jelek dari kepribadian kita sekarang, asalkan tetap berusaha mencari lingkungan yang baik.

#Sedikit kangen dengan diri yang dulu, yang melankolis……………hehe (*Gubrakk

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar