Celoteh Si Mak'nun

Selasa, 28 Januari 2014

Berpindah Masa #3




Semua yang ada di dunia ini tak pernah ada yang abadi, semua akan berubah, berputar, berpindah, lenyap…. Senyap, gelap.

Menghindar, pernahkah berpikir untuk menghindari suatu masalah, situasi atau bahkan orang?
saya yakin kita pasti pernah berpikir untuk menghindar, bahkan mungkin sering. Merasa tertekan atas masalah yang dirasa sangat berat, sehingga jika bisa, ingin rasanya kita menghindar dari masalah tersebut. pergi begitu saja dan membiarkan masalah tersebut pergi diusir waktu mungkin jika bisa.
Ketidakmampuan untuk bisa tenang dalam menghadapi masalah adalah ciri bahwa mindset  atau pola pikir kita belum sadar betul bahwa masalah bukanlah hukuman dari sang pencipta, masalah bukanlah kesialan semata, masalah datang bukan hanya untuk membuatmu kesusahan dan menyiksamu. Jangan berpikir seolah-olah Dia tidak adil memberikanmu banyak masalah. Jangan berpikir Dia membencimu sehingga memberikanmu banyak masalah. Tapi coba mulai memikirkan apa yang tersembunyi dibalik masalah-masalah yang sering kita hadapi.
Menghindar adalah jalan pintas dan bisa jadi hanya solusi sementara untuk terbebas dari masalah. Hanya mengulur waktu hingga engkau merasa siap. Tapi bukankah sudah banyak orang bijak yang berkata bahwa semakin dihindari, masalah akan semakin menakutkan? Semakin kau menghindar, semakin besar rasa takut untuk menghadapi masalah tersebut. padahal bisa jadi saat kita memberanikan diri untuk menghadapinya, tidak sesulit yang dibayangkan. Dan biasanya memang seperti itu, menghadapi masalah tidak sesulit yang dibayangkan. Praduga kita kadang terlalu jauh, belum apa-apa, sudah berpikir macam-macam. Hal seperti ini  menyebabkan menumpuknya rasa takut dalam diri, karena banyak praduga negative yang dikumpulkan sebelum benar-benar menghadapinya.  
Berpikir positif dan besikap tenang. Kita harus bisa membiasakan diri untuk senantiasa berpikir positif dan bersikap tenang dalam kondisi sesulit dan sepelik apapun. Memang tak semudah yang terdengar, karena semua memerlukan proses. Membiasakan diri berikap positif harus dimulai dengan kesadaran yang tinggi tentang maksud adanya kehidupan ini. Akarnya tentu saja agama, semakin paham dia tentang ajaran agama maka akan semakin tinggi kesadarannya tentang apa maksud dan tujuan kehidupan.  Dan akan semakin mudah baginya untuk berpikir positif dan bersikap tenang dalam mengahadapi masalah yang secara otomatis menjadikannya pribadi yang tidak akan menghindari masalah karena dia tahu, tuhan punya rencana baik untuknya dibalik masalah atau cobaan yang diberikan. Tidak ada yang perlu dihindari. Semakin sering kita menghindar, semakin kita tak paham isyarat tuhan dan apa rencana baiknya untuk kita.
Dia menyayangi kita. Masalah, ujian, cobaan, dan hadirnya orang lain yang menjengkelkan adalah cara tuhan untuk mengajari kita bagaimana seharusnya menjalani hidup. Bagaimana kita bisa tahu caranya untuk bersyukur, jika kita tidak pernah mengalami rasa sakit, tidak pernah mengalami kesusahan. Bukankah kita lebih sering lupa mengingatNya saat senang? Tapi betapa kita sangat ingin dekat denganNya saat kita menghadapi masalah atau ujian??
Saat masalah datang, berpikirlah bahwa Dia merindukanmu. Merindukan engkau menangis sendu dan bersujud dihadapanNya. Dia ingin membimbingmu kembali, dari kelalaian, kekhilafan kau mengingatNya karena tenggelam dalam kesibukan dunia. Dia tidak ingin kau terlalu jauh, Dia ingin menarikmu kembali, kembali dekat dipangkuanNya.

Menghindar adalah sikap seseorang yang tidak bertanggungjawab dan pengecut. Sekali lagi, Semua yang ada di dunia ini tak pernah ada yang abadi, semua akan berubah, berputar, berpindah, lenyap…. Senyap, gelap. Begitupun masalah, tak akan selamanya dalam hidup kita menemui masalah pelik, akan ada masa dimana melihat gelapnya malam saja hatimu bersorak sorai dan matamu berbinar. Amboiii………….
Hadapi! Meski kakimu gemetar merasakan takut, teruslah berjalan…. Jika Engkau yakin, Allah akan memelukmu dan meringankan langkahmu.
-Sayang Allah, Ingat Dia selalu bersamaMu-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar