Celoteh Si Mak'nun

Selasa, 28 Januari 2014

catatan Juli



Selamat pagi, pagi yang indah dipenguhujung bulan juli. Bulan yang Waw! Penuh tantangan dan bertabur kebahagiaan.  Tentu saja, akan kutorehkan catatan sejarah untuk bisa kukenang dimasa depan, mengenang masa-masa bahagia di Juli 2013. Sayang rasanya jika hanya karena kemaasanku untuk menulis, membuat sejarah-sejarah mengesankan beralu dan terlupakan begitu saja…
Juli 2013, catatan penting yang harus kutulis adalah tentang perjuanganku untuk melalui ujian sidang akhir untuk menyeesaikan study S1 di kampus tercinta. Lulus, bagiku bukan sebuah alasan untuk segera meninggalkan kampus karena sudah bosan belajar selama 4 tahun atau jenuh karena rutinitas perkuliahan. Selama kuliah, I’m enjoy!! Belajar bagiku menyenangkan, bukan sesuatu yang monoton karena setiap hari selalu baru, yah pelajaran baru!.
Menikmati proses sangat penting bagiku, dan sesuatu yang tidak bisa kunikmati dan tidak sesuai dengan ”kata hati” biasanya tak ragu untuk kutinggalkan. Disini, kuliah selama 4 tahun bukanlah waktu yang singkat, dan Hei! Saya menyukai semua ini!. Kuliah, berteman, berorganisasi, semua sangat mengesankan. Member kesan yang teramat sangat, ilmu, pengalaman dan pelajaran hidup banyak kudapatkan selama di tempat ini. Di tempat ini jugalah kepribadianku sedikit demi sedikit mulai terbentuk. Saya menyebutnya “lebih elegan”. Mungkin terdengar konyol dan terlalu percaya diri, yah… tapi bagiku, kini saya punya kepribadian yang menarik, tidak kampungan, tapi saya juga benci gaya hidup metropolis. Yah… ‘keren’ bagiku adalah “Berprinsip”. Dia yang berprinsip dan mempunyai pola pikir yang logis akan Nampak sangat keren dimatsaya,. Kata beberapa temanku, saya bukanlah tipe orang yang plin plan dalam memutuskan sesuatu yang diyakini, cekatan, dan berpendirian kuat. Dan kusadari semua ini karena lingkungan disekitarku, teman, rutinitas berorganisasi, kuliah dan tugasnya yang membentukku jadi seperti sekarang.
Akan ada akhir dari semuanya……
Yah, saya sadar betul bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua akan berubah, kita tidak bisa tinggal diam, kita harus terus bergerak untuk mengikuti hukum alam yang selalu “berubah”. Meski saya menikmati semua yang terjadi dalam kehidupanku selama berada di kampus ini, tapi bukan berarti saya harus tinggal selamanya disini. Akan ada sebuah akhir, dan saya ingi mengakhirinya dengan seindah mungkin. Alam punya aturan, Allah punya aturan, kampus ini pun punya. Semuanya punya system, dan system diatur sesuai dengan kemampuan dan untuk kebahagiaan kita juga. Sebagai orang yang mengerti kenapa system itu ada dan tujuan kenapa harus ada sebuah system dan aturan, maka sebisa mungkin untuk bisa mengikuti system yang ada, waktunya lulus ya harus lulus! Senyaman apapun tempat ini……..
Kita harus punya motivasi untuk menggapai sebuah tujuan……..
Rasanya setiap saat harus ada tujuan. Bingung saat kita tak punya tujuan yang akan dituju, tak ada alasan untuk melangkah, tak ada dorongan untuk berlari, karena tak ada yang ingin kita tuju. Dan keadaan yang paling menyedihkan  adalah saat saya bingung dengan tujuan itu sendiri. pernah tentu saja dalam situasi seperti itu.
Setiap saat harus punya tujuan, dan setiap saat pula kita akan terus bergerak untuk mencapai tujuan itu.
Mengerjakan tugas akhir adalah tujuan besar pada di tingkat akhir masa studyku. Dan saya menyusunnya alam target-target kecil setiap harinya. Setiap hari harus punya rencana unutk menyelasikan target. Yah! Itulah mengapa teman-temanku mengatakan bahwa saya sangat progresif, karena setiap hari selalu ada yang harus kucapai dan hasilnya tujuan besarmu semakin hari semakin dekat.
Tidak mudah tentunya, tapi asalkan kau mau berusaha… sesulit apapun, pasti bisa kau dapat!
12 juli 2013, adalah hari dimana saya melaksanakan ujian akhir atau tanggal 3 ramadhan. Dan 23 juli adalah tanggal kelulusanku. Alhamdulillah wasyukurillah…..
Setelah berjuang selama 4tahun, menunut ilmu di kota hujan akhirnya lulus……..
Bangga tentunya, apalagi keluarga saya termasuk keluarga dengan ekonomi bawah. Dan saya anak seorang ibu janda yang ditinggal ayahnya ketika kelas 3 SMP, bisa lulus sarjana di IPB!, sebuah kampus besar, kampus rakyat!
Saya tak akan berhenti dengan satu tujuan,. Berikutnya tujuan besar lain…! Bismillah

Pandeglang, 29 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar