Celoteh Si Mak'nun

Kamis, 24 Januari 2013

Kendala dalam Keluarga...




Selamat pagi…….
Pagi ini sembari mendengarkan lantunan beberapa lagu opick jadi teringat pada beberapa tugas yang belum dikerjakan dan teringat pada kalian. Bagaimana kabar kalian? Semoga semua sehat selalu ya…..  lama tidak berjumpa dengan “catatan maknun” kan…hehe

Kendala, saya menanyakan kendala pada saat kita bersenang-senang minggu kemarin. Rasanya berdosa jika hanya menanyakannya tanpa memberikan solusi ataupun membaginya bersama-sama. Saya tidak ingin hanya menyimpan kertas-kertas ini, kertas yang berisi tulisan kalian. Tulisan kalian yang semraut, entah karena terpaksa harus menuliskannya karena saya atau memang seperti itulah tulisan tangan kalian sebenarnya. Hahaha….. masih terbaca kok, tidak menjadi soal. Mari kita bahas satu-satu kendala apa saja yang diutarakan teman-teman kita, meski sangat disayangkan tidak semua anggota bisa ikut menuliskannya disini. Semoga lain waktu bisa ya….

Kendala atau hambatan atau yang menghambat… dia bagian dari masalah, dia bagian dari tantangan, dia bagian dari perjuangan, dia ada agar kita bisa lebih dewasa, dia ada agar kita lebih bijak, dia menghampiri setiap orang, dia ada bukan tanpa maksud….
Kita list aja ya satu-satu apa kendala yang sebenarnya dialamai oleh teman-teman kita:
1.  Ribet dalam mengatur waktu.
2.  Cara kerja yang direncanakan belum berjalan
3.  Banyak hal yang masih baru dan perlu pembelajaran
4.  Penyesuaian dengan kondisi baru seperti rapat dan kegiatan lain.
5.  Belum begitu faham tentang legislative
6.  Management waktu
7.  Schedule yang mungkin bertabrakan
8.  Kesulitan membagi waktu antara organisasi, hobi dan kuliah.
9.  Belum tau harus bagaimana saat mendapat jobdesk
10.Belum PD kalau harus berkordinasi dengan dosen atau bagian atas.
11.Komunikasi antar sesame
12.Kekuatan untuk memulai
13.Masih kaku, bingung bagaimana cara berkomunikasinya.
14.Secret jarang ramai
15.Jarang on time
Ada 15 poin kendala, tersenyum membaca tulisan kalian. Selain karena tulsian tangannya yang bagus, juga karena isinya unik-unik. Ada yang bisa membantu teman-teman kita dalam menyelesaikan kendala yang dimiliki? Kalau dilihat, semua kendala bukanlah masalah yang besar. Hanya masalah-masalah kecil yang bisa diselesaikan, spakat? Kendala ini hanya soal waktu. Seiring dengan berjalannya waktu, semua kendala yang kalian miliki akan seperti yang saya ungkapkan, “bukanlah masalah besar”. Kalian bisa melewati semua kendala tersebut. Management waktu, belum paham legislative dan jobdesk, masalah komunikasi, jarang on time, percaya diri, public speaking dan secret yang jarang ramai, semua itu hanya soal waktu.  Saya rasa tidak harus menjawabnnya satu persatu, kalian bisa menaklukan kendala pada diri kalian masing-masing dan saya percaya kalian dapat melakukannya. Kalian bukan lagi bocah yang harus dituntun untuk berjalan, kalian orang-orang yang cerdas, bisa menyikapi seburuk-buruknnya keadaan dengan sebaik-baiknnya sikap. Saya tidak pernah ragu dengan kemampuan kalian.  Saya tidak khawatir dengan kendala yang kalian miliki, saya percaya kalian bisa. Semua bisa dipelajari, semua bisa diperbaiki, semua bisa dihadapi, tidak ada yang tidak bisa kalian lakukan. Jangan menutup diri dengan mengatakan hal-hal negative “saya tidak bisa”, kalian bahkan belum belajar…. Kenapa berkata “tidak bisa”. Pertanyaannya adalah kalian tidak bisa atau tidak mau?? Kalau kita mau, kita pasti bisa.
Singkirkan semua pikiran negative tentang kendala. Jangan focus pada kendala, fokuslah pada belajar. Azamkan dalam diri, saya ingin bisa! Dan saya akan menjalani semua ini dengan sungguh-sungguh. Saya sedang belajar untuk “bisa”. Sekarang mungkin saya belum tahu, belum bisa, belum pantas…tapi saya akan berusaha untuk tahu, untuk bisa, untuk pantas.

Rendahkan hati untuk mau belajar…
Orang yang sombong adalah orang yang merugi dan tidak akan bisa menyerap ilmu dengan baik…
Jangan malu untuk bertanya untuk tahu, tapi malu lah saat tidak tahu…


Semangattttt………..!!! selamat pagi dan selamat beraktifitas…. Senyuuum, yukk senyumm yukk….  ^_^

2 komentar:

  1. Terima kasih mba Een :D kawaii~

    BalasHapus
  2. Waaah inspiring sekaaali, makasih banyaak mbak eeeeeen :* loveyousomuch!!!

    BalasHapus