Celoteh Si Mak'nun

Selasa, 10 April 2012

asep yang Malang

Kelinci…
Apa yang anda pikirkan ketika mendngar kata kelinci??? Lucu, enak, banyak anak, hewan kesaayangan, playboy, capropaghy, pseudoruminan, scabies, de el el…
Hmm, itulah jawaban teman-teman sekelas saya pas dosen ruminansia kecil menanyakan tentang kelinci. Yup, kita lagi kuliah Ruminansia kecil dengan topic kelinci….
Dan sebenarnya kalau boleh jujur, ketika pertanyaan itu diajukan satu kata yang teripir dibenak saya yaitu “si ASEP”.
Siapakah Asep??
Si Asep yang malang… mungkin sebutan itu cocok untuknnya.
Kelinci korban ketidakwarasan saya yang pertama (semoga yang terakhir), wkwkwkwkk…
Semester 3 adalah semester pertama gw masuk di fakultas dan dengan resmi berstatus sebagai mahasiswa peternakan, wedeeeeeh.. sebagai mahasiswa peternakan asli kayaknya kok ga oke gitu kalo ga punya teranak sendiri. Dengan PD akhirnya waktu itu saya putuskan untuk miara kelinci di kost’n. jenis kelinci angora yang baru lepas sapih. Bulunya lebat banget berwarna putih précis boneka, cantik dan bermata merah yang hampir tak terlihat karena tertutup bulunya yang lebat. Pertama lihat saya langsung jatuh hati, hehe… beli deh dari teman sekelas yang memang punya peternakan kelinci kecil-kecilan di rumahnya. Harganya lumayan soalnnya jenis angora cukup oke dan mahal emang.. *duit jajan gw…!!!! Naas,
Waktu beli, kita (sama temen se kost’n yang sama-sama anak fapet) ga banyak mikir, Cuma karena lucu dan pengen punya ternak peliharaan akhirnya kita beli tanpa piker panjang..
Yang satu berwarna putih (punya gw), satu lagi warnannya bercorak (punya ike), dua duanya kelici angora dan ngarep banget tuh kita bakal “besanan” dan nanti punya cucu yang banyak dan lucu-lucu, jadi deh kita punya peternakan kelinci…(ngayal) hehehe
Mimpi tinggalah mimpi, janagnkan punya anak.. hidupnya pun Cuma beberapa bulan saja tuh si asep sama pam-pam…
Kenapa namanya asep?? Itu ulah teman-teman se kost’n gw (khususnya saras), karena saya the asli sunda nya alias ti banten, katanya ya sudah namanya asep saja kan sunda pisan… (sekuat apapun gw teriak ga mau namain tu kelinci dengan asep, toh mereka ttp panggil asep).
Awal-awal kita miara, semangat banget miara tu kelinci. Dikandangkan di kamar malah beberapa hari tapi karena bau lama kelamaan akhirnya kita taro di ruang tengah. Kadang juga di bawa ke tempat tidur, soalnnya kayak boneka, putih bersih dan rambutnya halus…
dan itu tidak bertahan lama, ternyata perlu perawatan ekstra untuk mempertahankan keindahan bulunya dan membuatnnya tetap terkesan lucu dan menggemaskan. Gw ga tau harus merawatnya seperti apa, yang kebayang pas mau miara ya Cuma ngasih makan 2-3 kali sehari udah deh tuh punya piaraan dan hidup damai-damai aja… ternyata salah!! Ga segampang itu.!! Heuuu heuuu
Harus ngebersihin kandang tiap hari (lama-lama gw ga kuat juga, karena ga sempet), harus ganti minum, ngasih makan tiap hari, nyari makan(beli) yang tempatnya cukup jauh… Uhh, terus bau lagi. Pakan kelinci emang pake pellet, tapi karena pet shop cukup jauh dari kost’n jadilah tu kelinci Cuma jadi vegetarian dan makan seadanya tiap hari, paling wortel, kangkung, wortel, kangkung… kadang cesim.
Sebagai mahasiswa semester 3 yang cukup padat jadwal kuliahnnya ditambah kegiatan diluar kuliah yang sampe kadang pulang malam terus. Makin membuat gw kesulitan untuk ngurus kelinci, perlahan dia terlantar…(dan teman-teman di kost’n gw ikut teraniaya dan mulai protes) Bauuu booo) kotor dan emang dia sensitive terhadap masalah sanitasi (kata pak bai barusan..he) pantes aja dia penyakitan dan gw juga baru tahu nih kalau kelinci itu nocturnal, pantes aja suka berisik malem-malem ganggu orang tidur… hingga teman-temanku terbangun malam-malam soalnnya grasak grusuk tu si asep sama pam-pam.
Pesan moral dari si Asep: “dipikir dulu kalau mau mengambil tanggungjawab, sudah mampu belum… kalau ga sanggup nantinnya mending jangan dulu, jangan bayangin yang manis-manisnya aja tapi juga harus tahu konsekuensinya”
Lanjut…
Asep sudah kummel, kurus dan tak terurus.. Hmm, enaknya diapain?? (Loh??) sempet terpikir untuk dikasihin ke tetangga (tapi kan pas beli mahal!!), dijual lagi??(ada yang masih mau ga dengan tampang sekucel itu??). Wew..lantas diapain??sate?? ga tega atuh…
Setelah berbulan-bulan dia ga keurus dan mulai penyakitan kayaknnya, risih juga lama-lama…
Pernah dimandiin karena ga tahan sama baunnya dan kasihan juga kucel banget tapi ujung-ujungnnya… Gw hamper nangis!!!! Hwaaaaa…. Harusnnya gw pelajari dulu teknik memandikan kelinci!! Udah mah kayaknnya salah teknis, tambah syok pas ceburin dia ke air ngamuk-ngamuk kayak ketakutan banget dan gw pun panik liat si asep panic basah kuyup.. (pias mukaKu), yang tambah bikin gemetar tuh, si asep menggigil dan megang tubuhnya ga tega dia kurus banget!!! Keliatan gendut Cuma karena emang bulunya tebel walau udah agak rontok tapi ga nyangka dia sekecil itu (kayak yg kena marasmus tau). Alhasil mandinya ga bersih, soalnnya ga sanggup lama-lama mandiin dia langsung pasang hair dryer (dpt pinjem nih untungnnya) dan lamaaaaa banget bikin rambutnnya naik lagi ke atas…(mana menggigil terus lagi tu anak) duh dosa ga nih gw nganiaya anak kelinci….
Derita berbulan-bulan dengan si asep cukup banyak ngasih pelajaran hidup… (Sweeer)
Setelah mengingat, menimbang dan akhirnya diputuskan bahwa asep akan di bawa pulang ke rumah di banten. Bukannya mau menjauhkan dia dan menghilangkan beban gw (ga tenggungjawab banget) tapi sepertinya dia akan lebih bahagia kalau dipelihara sama ade gw di rumah (kondisi saat itu di rumah juga miara seekor kelinci), ade gw seneng mau di bawain kelinci walaupun dia ga tau kronologisnnya seperti apa (rahasia…haha) apalagi mamah kalau sampe dia tau gw beli tu kelinci pake uang jajan dengan harga segitu, hmm..matilah, jadi singkatnnya gw bilang aja dikasih temen, hehe (boong buat kebaikan bersama)
Susah paying dibawa ke rumah pake kardus dangan banyak makanan kelinci di dalamnya. Lucunya… as nyampe rumah, mamah nanya.. siapa namanya? Santai gw jawab “Asep mah”
Ema gw melongo “Asep??dia kan kelinci betina>>!!!” ___GubRaakkkKK!!! Sooooo….asep itu kelinci betina ternyata???!!!*tepok jidat
Yasudah panggil saja dia “Neng Asep”
(dialog diatas dalam bahasa sunda tentunya)
Ngakak pas diceritain ke temen-temen di kost’n terlebih yang ngasih nama..hehe
Pesan moral dari neng Asep: “jangan percaya pada kesan orang lain dalam menilai orang lain, tapi observasi langsung… kalau salah fatal kan!!”__asep pasti ngedumel banget sama gw tuh,hhheee
Masih banyak kenangan bareng asep sebenarnnya, tapi mau ngerain tugas nih *note ini dikerjakan pas kuliah rumcil (Maaf pak Bai, hehe…) dan dilanjut abis rapat, sekarang mau ngerjain tugas dulu…
Hmm, asep… malang nasibmu nak, bertemu dengan majikan macam saia nih. Saya doakan kamu tenang disisi Dia yang menciptakan Mu.
*asep mati digigit kucing kampong soalnnya dia keluar kandang ga ketahuan, tepat 2 minggu setelah saya tinggal di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar