Celoteh Si Mak'nun

Kamis, 19 April 2012

Seasonally Polyestrus: Ayat Kauniyah

Betapa banyak tanda-tanda atau ayat-ayat Allah SWT yang bertebaran di alam semesta, karena sangat banyaknya hingga yang "terlihat" oleh manusia kebanyakan adalah sesuatu yang " biasa" saja, seakan memang seharusnya begitu adanya. Ayat kauniyah atau fenomen kelaman sebagi tanda kekuasaan Allah hanya bisa disadari oleh orang-orang yang mau memikirkannya dan menyadari tanda kebesaranNya bahwa semua fenomena yang ada sudah diatur sedemikian rupa oleh sang pencipta.


Fase estrus merupakan periode ketika betina reseptif terhadap jantan dan akan melakukan perkawinan dan atas kehendakNya bisa jadi kebuntingan deh. Beda dengan manusia yang tidak memiliki siklus estrus atau estrus, ternak atau hewan hanya mau menerima pejantan untuk kawin jika estrus saja maka kalau tidak estrus dia tidak akan mau kawin. Siklus estrus pada setiap ternak berbeda satu sama lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan siklus estrus ada dua yaitu genetik dan lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang berpengaruh adalah musim.

Seasonally polyestrus yaitu kejadian estrus hanya pada waktu-waktu tertentu. Fenomena ini terjadi précis seperti penjelasan diatas mengenai ayat kauniyah. Tuhan sudah mengatur semua yang ada dimuka bumi ini dengan sangat cermat dan tepat. Pada Negara 4 musim, kuda akan estrus pada musim spring atau semi. Lama kebuntingan kuda yaitu 11 bulan, maka kuda akan melahirkan pada musim semi berikutnnya. Coba banyangkan kalau kuda estrus pada musim gugur atau beku dimana ketersediaan pakannya sangat menghawatirkan baik kuantitas maupun kulaitasnnya, belum lagi daya tahan tubuh anak yang baru dilahirkan jika lahir pada musim dingin misalnnya, terbayang akan seperti apa? Maha Besar Allah yang telah menciptakan alam semesta. Selain kuda juga pada ternak lain fenomena seasonal polyestrus juga ditemukan yaitu pada domba atau kambing yang hidup dinegara 4 musim. Daomba atau kambing akan estrus pada musim gugur atau Autum dan anak akan lahir pada awal musim panas dimana ketersediaan pakan cukup bagus.

Subhanallah.... untuk ternak saja Allah sedemikian rupa mengatur rizkinya. ^______^'


manusia selalu menginginkan penjelasan logis, ilmiah atau masuk akal, tapi ada yang lebih dari sekedar logis dalam islam.... diluar logika dan tak terjangkau oleh akal manusia atas kebesaran sang Pencipta


#Efek ITR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar